-->

Sudut Lain Kanal Banjir Timur atau BKT


Sudut Lain Kanal Banjir Timur atau BKT

Ini adalah penampakan Kanal Banjir Timur atau warga biasa menyebutnya BKT. kenapa bukan di sebut KBT karena dahulu saat awal mula di bangun lokasi ini bernama Banjir Kanal Timur ( BKT ).

jadi warga sudah terbiasa dengan istilah itu sebelum pengembang atau pemda mengantinya menjadi Kanal Banjir Timur(KBT),

lokasi yang saya ambil berada tepat di kelurahan pulo gebang. ini dulunya adalah tempat mengalirnya kali cakung dan lokasi hunian  rumah warga. duhulu kala lokasi ini memang kerap di genangi air saat musim hujan.

Sebab datarannya memang rendah dan ber-rawa, maka hampir setiap musin hujan lokasi ini pasti banjir, air sungai akan meluap dan membanjiri rumah warga di sekitar sungai.


Bahkan menurut cerita almarhum bapak saya, saat musim hujan lokasi ini pasti tidak bisa di lewati. dan kalau mau lewat saat berangkat bekerja harus buka baju dan berenang menuju tepinya.

ya... itu dulu tahun 80-an.

Sekarang lokasi ini sangat sejuk saat dilewati sebab pepohonan yang di tanam mulai meninggi dan memayungi jalan.


Sudut Lain Kanal Banjir Timur atau BKT

Sekarang di lokasi telah di sulap menjadi kanal banjir timur yang luas, yang berfungsi sebagai penampung debit air hujan yang berlebih.

Banyak anak-anak sungai yang terhubug ke sini, ya rata-rata sih saluran air atau got warga yang terintegrasi dengan kana banjir timur.

Sudut Lain Kanal Banjir Timur atau BKT

Cuma sayang masih saja banyak sampah yang ikut mengalir dilokasi ini hingga setiap hari petugas kebersihan akan melakukan patrolis sampah di sini.

Lihat saja gambar di atas beberapa petugas yang sedang mengeruk sampah di sungai.

ya sekali lagi kesadaran warga memang sungguh sangat diperlukan, karena bisa saja lokasi ini menjadi tempat wisata air, atau semacam transportasi air.

Sebab kanal ini sangat panjang berawal dari cipinang dan berakhir sampai marunda.
bayangkan kalau menjadi lokasi wisata.

yuk sama-sama kita jaga kebersihan Banjir kanal Timur.
LihatTutupKomentar